Rabu, 27-10-2021
  • Taqwa, Mandiri, Ceria, Inovatif, Berakhlak Mulia dan Peduli Lingkungan

PROKES KETAT DI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TAHAP 1 MTSN 4 SLEMAN

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized
Gambar 1. Pengecekan Suhu dan Kartu Vaksin Oleh Guru Piket Madrasah

Pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia mengimbas terganggunya proses kegiatan pembelajaran di Indonesia, dimana pendidikan sebagai upaya dalam pembentukan karakter siswa harus terus ditingkatkan agar semakin meningkat kualitas potensi peserta didik  seutuhnya.

Berdasarkan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Nomor 421/4187 Tentang Pelaksanaan Pembelajaran  pada masa pemberlakuan kegiatan masyarakat level 3 COVID-19 dan surat ijin pelaksanaan pembelajaran tatap muka dari ketua satuan tugas penanganan COVID-19 Kapanewon Sleman nomor 443/18/X/Kap.Sleman/2021 tanggal 11 Oktober 2021, MTsN 4 Sleman telah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) hari pertama secara bertahap dimulai hari Kamis tanggal 14 Oktober 2021 disambut antusias warga madrasah, diselenggarakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan serta telah vaksin dibuktikan dengan kartu vaksin. Dalam penyelenggaraan pembelajaran, madrasah harus tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan warga madrasah (siswa, guru, tenaga kependidikan) serta masyarakat sekitarnya. Orang tua siswa juga telah mengisi surat pernyataan kesediaan untuk mengikuti PTMT tahap 1 yang berisi tentang tidak ada keberatan dari orang tua/wali untuk mengikuti PTMT. PTMT merupakan upaya preventif penurunan ketercapaian pembelajaran yang diakibatkan pandemi COVID-19 dimana siswa melakukan pembelajaran jarak jauh secara daring sejak Maret 2020. Persiapan untuk PTMT sudah dilaksanakan jauh hari, mulai dari vaksin Tahab ke-1 yang dilaksanakan pada Sabtu, 4 September 2021, kemudian disusul Vaksin tahab ke-2 yang dilaksanakan Sabtu, 2 Oktober 2021 yang pelaksanaannya berada di MTsN 4 Sleman, sehingga hampir 98% Siswa sudah vaksin dua kali. Kemudian persiapan untuk ruangan sudah dimulai dari Kamis, 7 Oktober 2021, mulai dari persiapan meja dan kursi ditempeli nomor, agar Siswa duduk sesuai dengan nomor absen dan setiap meja hanya ada satu Siswa. Juga persiapan untuk kran yang digunakan untuk cuci tangan. Disamping itu juga penyemprotan ruangan dengan desinvektan. Persiapan terakhir dengan pembuatan video Simulasi PTMT dilaksanakan sehari sebelum terlaksananya PTMT tahap 1 dimulai dengan link you tube https://youtu.be/fiZhManEpLg dan dibagikan kepada siswa dan orang tua Siswa agar dapat dilihat sehingga pada waktu masuk Siswa tidak bingung dengan aturan madrasah yang ketat protocol kesehatannya.

Gambar 2. Mencuci Tangan Terlebih Dahulu Sebelum Masuk Kelas

Sistem pembelajaran di MTsN 4 Sleman dilaksanakan secara hybrid dimana proses pembelajaran yang menerapkan secara daring & luring.  Pada proses luring, konsekuensi dari pembatasan jumlah siswa dan jam belajar yakni intensitas penggunaan ruaangan kelas yang terbagi menjadi beberapa kelompok sehingga lebih sedikit peluang untuk siswa menikmati belajar di ruang kelasnya. Pelaksanaan PTMT dilakukan dengan ketentuan membagi tiap kelas menjadi 2 kelas dengan kata lain kelas hanya terisi separoh dari biasanya dengan durasi 30 menit tiap jam pelajaran. Pembelajaran dimulai dari pukul 07.15-07.30 berdoa & Asmaul Husna, kemudian pembelajaran dimulai pukul 07.30-10.30 tanpa jeda istirahat, pukul 10.00 siswa sejenak mendengarkan lagu Indonesia Raya. Satu putaran penuh proses KBM diperlukan waktu 2 minggu, sehingga siswa hanya mendapat kesempatan dua hari dalam satu minggu pergi ke madrasah, selebihnya siswa belajar di rumah. Dengan proses pembelajaran secara hybrid diharapkan  kualitas penyampaian materi pelajaran akan tersampaikan dengan baik sehingga diperoleh ketercapaian hasil belajar yang meningkat.  (Kurniyati Dwi Meini/MTsN4Sleman)

Gambar 3. Proses Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Kelas

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Post Terkait

Quantum Ikhlash

Minggu, 31 Mei 2020

Madrasah yang Menyenangkan

Minggu, 31 Mei 2020

Mewujudkan Sekolah Ramah Anak

Minggu, 31 Mei 2020

Gerakan Literasi di Madrasah

Minggu, 31 Mei 2020

Menggali Potensi untuk Beprestasi

Minggu, 31 Mei 2020

Peran Sekolah Adiwiyata

Minggu, 31 Mei 2020